RSS

mencuci jaket kulit?

13 May

Jangan lupa ya like facebook fanpage kami toko kulit garut, untuk mendapatkan informasi menarik berbagai hal tentang kerajinan dari kulit.

Ada kalanya kita benar-benar dalam kondisi keharusan untuk mencuci jaket kulit kesayangan. Misal:
– Jaket kulit kita kena kotoran dan bagian puring dalamnya juga ikut kotor, berarti mau gak mau tuh harus dicuci.
– Namanya juga jaket kesayangan, berarti hampir tiap hari tuh jaket dipakai. Kira-kira sudah berapa lama tidak di bersihkan terutama bagian dalamnya? Satu bulan, satu tahun? Atau mungkin bertahun-tahun? Gak kabayang gimana bercak hitam serta baunya tuh jaket. Menular gak ya kira-kira kalau dipinjam orang? Hehehe..
– Kalau jaket kulit kesayangan terinfeksi virus ulet bulu, wahh.. bisa gatal-gatal kalau di pakai. Gak mau kan tampil keren tapi gatal-gatal..😀
– Dan banyak lagi kejadian aneh lainya yang memaksa kita mencuci jaket kulit kesayangan kita.😀

Jika itu terjadi, saya beri pilihan buat jaket kulit kesayangan anda:
1. mengganti puring dalemannya dengan yang baru (berarti harus dirombak lagi), atau
2. mencuci jaket kulit anda dengan berbagai resiko yang akan dihadapi (luntur, mengerut, dan mengering/kaku)
iklan
Jika pilihan anda adalah opsi pertama berarti anda harus mencari tukang jahit/pengrajin jaket kulit yang pengalaman dan tentunya dengan mengeluarkan biaya. Anda hanya perlu membersihkan kotoran dan memberikan lotion kulit saja. Atau biarkan pengrajinnya yang menangani semua.

Dan jika opsi ke-2 yang dipilih, untuk mendapatkan hasil maksimal maka anda harus memperhatikan caranya sebagai berikut:
1) Bersihkan semua kotoran yang terlihat menempel, jika sulit biarkan saja. Pokoknya lakukan pembersihan awal semaksimal mungkin. Gunakan kain lembut atau busa spons.
2) Rendam jaket anda menggunakan pelembut pakain atau sampo dan air hangat, jangan menggunakan detergen..
4) Ingat.. perendaman ini untuk membersihkan kotoran puring/kain dalamnya, bukan untuk membersihkan kulitnya. Jadi jangan cuci, gosok atau ‘ngucek’ bahan kulitnya. Kalaupun harus, gunakan busa spons dengan lembut. Sayang kalau warnanya cepat pudar.
5) Jangan terlalu lama merendamnya, secukupnya saja yang penting kotoran puring sudah bisa dibersihkan.
6) Jika sudah bersih, angkat dan celupkan ke rendaman yang bersih dengan penghilang busa detergen. Langsung jemur di lantai/meja dengan bagian kulit di dalam (di balik jaketnya).. jangan diperas (di peureut -red).
7) Langkah selanjutnya sama dengan tips merawat jaket kulit.

 
12 Comments

Posted by on May 13, 2011 in tips

 

Tags: , , ,

12 responses to “mencuci jaket kulit?

  1. leo

    March 19, 2014 at 10:34 am

    mau tanya gan, jaket kulit saya setelah perawatan memakai lotion kalo kena air/hujan suka ngeluarin busa.
    gmana cara nya agar jaket kulit tidak berbusa saat kena air ?

     
    • djangkurang

      August 21, 2014 at 7:06 am

      biasanya kalo jaket kulit kena air berbusa, tandanya di bahan kulitnya ada bekas sabun (detergen). ya harus dibersihkan dulu kandungan detergennya..

      coba aj pake pelembut yg sekali bilas itu campur air sedikit, di ratakan aja dengan lap bersih.. lalu jemur..

      kalo masih juga berbusa, terpaksa harus di cuci itu biar semuanya bersih dari detergen..

      trims dah mampir

       
  2. kios fashion online murah

    November 10, 2013 at 3:48 am

    terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat

     
    • djangkurang

      December 30, 2013 at 9:45 am

      sama-sama.. trims dah mampir 🙂

       
  3. toko sepatu dan tas murah

    November 10, 2013 at 3:47 am

    ini tips untuk jaket kulit saja, atau semua jaket?

     
    • djangkurang

      December 30, 2013 at 9:44 am

      tips ini khusus bahan kulit aja.. utk bahan yang lain caranya mungkin berbeda..
      trims dah mampir di blog kami..

       
  4. jaket kulit online

    December 7, 2012 at 7:25 am

    Jaket kulit memang unik, makasih ya infonya, mudah-mudahan ilmu yang dibagi admin jadi pahala, thanks ya…

     
  5. jaket kulit online

    December 7, 2012 at 7:15 am

    Makasih admin, info ini manfaat banget buat gue, boleh berbagi/copas nih pak admin, BRAVO….

     
    • djangkurang

      December 26, 2012 at 1:25 pm

      silakan copas aja..

      *tp jgn lupa sumbernya y..😀

       
  6. irwansyah

    August 20, 2012 at 8:53 am

    maaf pak…
    Saya kemarin beli jaket kulit…
    Sebelum dicuci direndam dngan air panas….
    Jaket saya jadi menciut &mengkerut…
    Kira2 ada solusi untuk jaket saya biar bs kembali seperti sediakala trimakasi pak atas informasinya…

     
    • djangkurang

      December 26, 2012 at 1:32 pm

      maaf pak baru balas pertanyaannya, lupa pwd.😀
      sebisa mungkin jaket kulit kita jangan kena air panas, ya efeknya bakal mengkerut..
      untuk mengembalikannya susah.. kalo bpk tetep ingin mencoba mengembalikannya pak irwan bisa merendamnya dengan air hangat yang telah dicampur shampo. coba di urut2/tarik2 bahan kulitnya pelan2, kalo kerutannya blm parah mdh2an bisa. hasilnya tentu gk maksimal dan tidak ada garansi pak. tapi setidak-tidaknya bpk sudah mencoba..

       

testimoni anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: