RSS

Merawat jaket kulit

10 May

Jangan lupa ya like facebook fanpage kami toko kulit garut, untuk mendapatkan informasi menarik berbagai hal tentang kerajian dari kulit.

Anda tentu saja ingin memiliki jaket kulit yang selalu terlihat bagus/baru.. warna yang tidak kusam sehingga jaket anda akan tetap terlihat pantas untuk dipakai dalam acara apapun terutama jaket model casual anda.

Untuk merawat jaket kulit anda baiknya anda ikuti saran sebagai berikut:

1.

Jaket kulit anda harus secara rutin diberi pelembab/lotion khusus buat bahan kulit (bisa body lotion atau “kit” motor juga bisa). Terutama saat setelah terkena hujan dijalan dan kering kembali. Ini dilakukan untuk menghindari jaket kulit anda terasa kaku dan kering. Untuk hasil maksimal minimal lakukan seminggu sekali. Kalo tidak sempat lakukan 2 minggu sekali. Setelah diberi lotion atau tidak dipakai gantung jaket anda dengan hanger jangan dijemur langsung dan jangan dilipat karena akan meninggalkan bekas dan akan susah untuk menghilangkannya.

semakin tipis ketebalan kulit harus semakin sering kita memberikan pelembab. misalnya untuk kulit kualitas super dengan ketebalan 0.4′ – 0.5′ merawatnya harus extra, apalagi kalau jaketnya sering dipakai utk pekerjaan lapangan.

Caranya: oleskan/semprotkan lotion ke jaket lalu gunakan lap / handuk / busa yang lembut untuk menggosoknya. Lakukan gosokan dengan satu arah. Gosok ± 15 menit. Diamkan sampai agak kering lalu oleskan lotion dan gosok satu kali lagi.

2.

Jaket kulit anda jangan dicuci, apabila terpaksa dicuci karena kotor atau bau. Jangan dicuci dengan detergen, dan jangan digosok dengan sikat agak warnanya tidak pudar. Untuk menghilangkan kotoran sebelum dicuci bisa menggunakan lap handuk / busa spoon yang diolesi minyak kelapa. Setelah kotoran hilang bisa direndam dengan pewangi saja. Setelah itu dijemur (di balik jaketnya) di lantai. jangan di gantung pake hanger, karena kondisinya masih basah dan setelah kering bagian bahunya ikut ngebentuk hanger. Setelah bahan kulit kering, jangan sampai terlalu kering, pakai pelembab/lotion lalu gantung di dalam ruangan. Kalau masih basah biasanya akan bau, juga bila terlalu kering akan kaku, oleh sebab itu keringnya harus pas sebelum dioleskan pelembab.

3.

Apabila warna jaket anda ada yang terkena warna lain, biasanya karena jatuh atau tergores tembok dan susah dihilangkan bahkan warnanya hilang terkelupas. Untuk menambal warna yang hilang bisa menggunakan semir sepatu, biasanya untuk jaket warna hitam, bisa pakai semir hitam, dioleskan pada bagian kulit yang akan ditambal warnanya. Jangan terlalu banyak, sedikit-sedikit saja. Lalu gosok dengan lap / handuk sampai rata dan menyatu dengan bahan kulitnya. Cek dengan menyentuh / colek kulit tersebut sampai tidak menempel di tangan.

4.

Apabila jaket tidak/jarang diberi pelembab biasanya akan banyak lipatan terutama pada bagian tangan. Seperti gambar berikut:

Untuk memperbaikinya sangat sulit terutama yang sudah kering dan kaku, biasanya kulit akan sobek, tidak pecah-pecah, karena terlalu kering. Namun apabila masih tidak terlalu parah lipatannya, masih bisa diperbaiki / dikembalikan. Hasilnya mungkin tidak terlalu memuaskan namun setidaknya tidak terlalu jelek.

Caranya sama dengan trik no.1, dioleskan pelembab pada bagian lipatan lalu gosok dengan lap/handuk satu arah, harus dilakukan berulang-ulang, sampai terlihat maksimal, lakukan 2 hari sekali. Untuk itu jangan sampai anda lupa untuk tetap merawat jaket kulit anda. Lebih baik merawat daripada memperbaiki.

Semoga tips dan trik dari kami dapat bermanfaat bagi anda yang sudah mengoleksi jaket kulit atau yang beminat untuk membeli jaket kulit. Bagi anda yang punya tips merawat jaket kulit kami berharap anda bisa membaginya dengan kami. Terimakasih,
iklan

 
6 Comments

Posted by on May 10, 2011 in tips

 

Tags: , , ,

6 responses to “Merawat jaket kulit

  1. sarung tangan kulit

    April 29, 2014 at 10:34 pm

    That is very attention-grabbing, You are a very professional blogger.
    I’ve joined your feed and stay up for in quest of extra of
    your great post. Additionally, I have shared your site in my social networks

     
  2. fandi

    March 18, 2014 at 9:28 am

    kalo jaket kulit dicat ulang merusak kulit gak gan…thanks before”’

     
    • djangkurang

      August 21, 2014 at 7:15 am

      di cat ulang tidak merusak kulit, tapi biasanya hasilnya agak sedikit kaku.. taoi kelamaan juga kan seperti biasa lagi..

      ada juga yang di cat ulang, malah jadi gampang luntur kalo kena hujan, mungkin proses pengecatannya kurang maksimal, cari yang bisa nge-cat ulang yang bagus aj biar gak gampang luntur..

       
  3. Dwiky Putra Darmawan

    April 28, 2013 at 2:22 am

    mas kalo mau pesen jaket kulit tapi design nya dari saya bisa gaa ??
    pakai bahan2 yang bagus untuk pembuatannya kira2 buged’y berapa ??
    kalo bisa saya mau pesen melalui mas.

     
    • djangkurang

      July 22, 2013 at 7:09 am

      maaf mas baru bisa kebuka blog-nya..
      untuk pemesanan bisa design sendiri, untuk lebih jelasnya bisa hub kami 081224612235
      atau bisa ke workshop kami:
      “toko kulit garut HD27”
      alamat: Puri Cendana kios AA1/19 tambun – bekasi

       

testimoni anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: