RSS

Menghilangkan Jamur Pada Jaket Kulit

13 May

Jangan lupa ya like facebook fanpage kami toko kulit garut, untuk mendapatkan informasi menarik berbagai hal tentang kerajinan dari kulit.

Jamur biasanya akan muncul pada jaket kulit anda jika udara atau ruangan sekitar jaket kulit lembab. Paling cepat jamur muncul setelah jaket terkena hujan dan langsung disimpan. Akan timbul bercak putih disekitar daerah kulit yang lembab. Atau apabila jaket sudah lama disimpan jamur bercak putihnya akan merata, dan agak susah membersihkannya hanya dengan di lap saja.

Picture2  Picture1

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

 

Pertama,
Siapkan alat serta ramuan berikut:
– busa spoons 2 buah(buat cuci piring, ada bagian yang lembut dan yang kasarnya)
– lotion khusus kulit (bisa handbody, lotion khusus jaket kulit, atau paling mudah lotion merk ‘kit’ semprot yang buat motor itu)
– satu lagi, siapkan ‘kit magic’yang khusus buat mengkilapkan ban kendaraan (optional aja ini mah)

Jangan banyak tanya dulu.. siapkan saja semuanya.. ini bukan iklan, hanya menyarankan saja.. :)

Sekarang kita mulai langkah selanjutnya,

- Siapkan meja operasi yang cukup

- Bersihkan dulu kotoran atau bercak putih yang menempel pada permukaan kulit dengan sisi busa yang lembut secara merata.

Picture5 Picture6

- Kalau ada bercak atau kotoran yang agak susah dibersihkan, ambil minyak goreng sedikit, oleskan pada kotoran itu, lalu gosok lagi. Kalau susah juga baru gunakan sisi busa yang kasar untuk menggosoknya. Harus hati-hati.

- Setelah jaket kulit cukup bersih, buang aja busa spoons yang kotor dengan yang baru

- Lalu semprotkan lotion khusus kulit pada permukaan jaket yang rata (bagian depan dulu). Ratakan dengan tangan, dan diamkan beberapa saat agar lotionnya menyerap (jangan sampai kering).

Picture8

- Mulailah menggosok jaketnya secara merata (pake bagian yang lembut). Mungkin masih ada bercak putih yang masih menempel di permukaan kulit, di gosok aja agak keras dikit.

Picture10

- Setelah itu, saatnya menyemprot bagian belakang atau punggung jaket dan menggosoknya (sama dengan di atas).

- Setelah seluruh bagian jaket selesai dikerjakan, biarkan beberapa saat sampai kering. Gantung dengan hanger. Kalau cuaca lagi bagus, jemur aja sampai kering, tapi jangan sampai kering benar, secukupnya saja.

Picture11

- Lalu jika sudah cukup kering, siapkan ‘lotion kit magic-nya’. Semprotkan secara merata pada permukaan kulit. Biarkan beberapa saat agar diserap. Lalu ratakan dengan busa. Lalu jemur lagi sampai cukup kering.

- Lalu jaket kulit gantung dengan hanger, simpan di tempat terbuka.

- Selesai,

Lumayan kan capek dikit ya.. gak apa-apa yang penting jaket kulit kesayangan kita akan terlihat segar kembali. Hehehe..

Selamat menccoba…

About these ads
 
21 Comments

Posted by on May 13, 2011 in tips

 

Tags: , , ,

21 responses to “Menghilangkan Jamur Pada Jaket Kulit

  1. mono

    November 23, 2014 at 4:46 pm

    Jaket kulit saya pada ngelupas pada nempel ditangan nah itu gimana cara mengatasinya apa sama kaya yg di atas tq

     
  2. adhi

    April 14, 2014 at 2:45 am

    Apa bener cara untuk mengecek jaket kulit asli dengan membakar pake korek gas…jika tidak ternakar berarti itu asli???

     
    • djangkurang

      August 21, 2014 at 6:57 am

      itu cara terakhir kalo ingin benar2 buktiin asli apa nggaknya.. semua barang kalo di bakar pasti rusak.. kulit kalo dibakar (agak lama) efeknya jadi mengerut lalu gosong. tidak bolong.. beda dg bukan kulit, kalo dibakar (agak lama juga) melepuh, bolong.. kalo di gosok langusng lepas permukaan kulit atasnya..

       
  3. Arbath Sahadewa

    January 28, 2014 at 10:27 am

    apakah membuang spons yg sudah di gunakan itu harus???

     
    • djangkurang

      August 21, 2014 at 6:59 am

      gak juga, kalo sayang di buang ya di cuci atau dibersihkan juga boleh, intinya kan biar jamur yang tadi dibersihkan jangan dilap-kan lagi ke jaket kulitnya.. itu namanya bukan membersihkan jamur, tapi meratakan jamur.. :)

      thanx dah mampir

       
  4. juli

    January 18, 2014 at 3:44 pm

    tas kulit fossil saya ada bercak2 putih, apakah itu berjamur? bagaimana cara menanggulanginya?pk lotion bisa?makasih.

     
    • djangkurang

      August 21, 2014 at 7:00 am

      iya itu bisa dibilang jamur.. coba aj pake cara di atas, insyaAllah bisa dibersihkan

       
  5. kios fashion online murah

    November 21, 2013 at 10:01 am

    Thanks bos, tipsnya baru langsung saya praktekkan ke jaket saya. Ditunggu tips lainnya terutama untuk perawatan sepatu kulit

     
  6. Mijar Aulia

    November 11, 2013 at 5:10 am

    Sy pnya tas kulit merk fossil warna kuning.tp baru dipake bbrp kali kok kelunturan dg jeans sy yg sdh lama?gmn ya cara ngilangin luntur krn bergesekan dg jeans?trims infonya

     
    • djangkurang

      December 30, 2013 at 1:29 pm

      bentar mba, agak susah juga nih jawabnya.. kena gesekan bisa kena lunturannya??.. saya cari tahu dulu deh siapa tau ada yang pernah ngalamin juga.. maaf y belum bisa jawab…

      trims sudah mampir,

       
  7. Heru

    June 21, 2013 at 4:02 pm

    Berguna sekali bung, soalnya saya pny jaket kulit kesayangan ada jamurnya gara² sdh lama gak dipakai. Trims ya

     
    • djangkurang

      July 22, 2013 at 7:04 am

      sama-sama .. mudah2n jaketnya awet.. :)

       
  8. Budiantoro

    May 29, 2013 at 2:58 am

    Kalo pake minyak zaitun bisa ga buat jaga kelembapanya?

     
    • djangkurang

      July 22, 2013 at 7:05 am

      belum pernah coba pak.. kalo pak budi mau coba, kasih tau kami hasilnya y.. :)

       
  9. gaha

    February 5, 2013 at 12:53 am

    kit’y di ganti semir kiwi yg cair bagus jg g ?

     
    • djangkurang

      April 11, 2013 at 5:20 am

      trims sudah mampir..
      kalo pake yang cair tidak disarankan, semir itu untuk mengembalikan warna. kalo untuk menghilangkan jamur lebih baik pakai lotion.
      saya biasanya menggunakan semir yang biasa, itu untuk menutupi kulit apabila tergores atau terjatuh. caranya di oleskan pada bagian yang rusak, lalu gosok secara merata pada kulit yang rusak sampai kalo disentuh/dicolek warna hitamnya tidak nempel di kulit kita.

       
  10. akmal

    February 1, 2013 at 9:27 pm

    Terimakasih informasinya,
    bagaimana cara merawat agar jaket kulit tetap lentur atau tidak kaku?

     
    • djangkurang

      February 2, 2013 at 6:21 pm

      kaku itu karena kering pak. jadi bapak bisa secara rutin memberikan lotion untuk menjaga kelembabannya, terutama bagian tangan yang biasanya terjadinya lipatan karena sering dipakai. minimal 1 mggu sekali diberi lotion. yang paling mudah mendapatkannya, bapak bisa pake lotion yang biasa untuk membersihkan body motor.. sesekali jaket juga perlu di istirahatkan pak untuk perawatan. :) semoga jaket kulitnya tetap awet.. selamat mencoba. ;)

       
  11. mulyadi

    June 26, 2012 at 8:28 am

    trmksh ………..

     

testimoni anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: